m ate

PEMELIHARAAN / SERVIS SISTEM REM

Komponen Rem

  1. Pedal rem
  2. Boster rem
  3. Master silinder
  4. Katup P
  5. Flexible hose
  6. Tuas rem parkir/rem tangan
  7. Rem cakram
  8. Rem tromol

Komponen sistem rem

  1. Pedal Rem adalah komponen pada sistem rem yang dimanfaatkan oleh pengemudi untuk melakukan pengereman.

Pedal rem

kembali

  1. Booster rem merupakan satu komponen pada sistem yang dipasangkan menjadi satu dengan master silinder dan setelah pedal rem, yang berfungsi untuk mengurangi tenaga yang diperlukan pengemudi dalam pengereman.
  1. Master Silinder mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolis. Master silinder terdiri dari resevoir tank yang beri minyak rem, demikian juga piston dan siliner yang membangkitkan tekanan hidrolis.
  1. Katup P (Propotioning Valve/Katup Pengimbang) berhubung rem depan membutuhkan tenaga pengereman yang lebih besar dari rem rem belakang sehubungan dengan pemindahan berat kendaraan yang terjadi pada waktu melakukan pengereman yang kuat.

Katup P

kembali

  1. Flexible hose/slang flesible menghubungkan pipa rem dan rem roda untuk mengimbangi gerakan suspensi.
  1. Tuas rem parkir/rem tangan dan kable rem tangan berfungsi untuk mengerem roda roda belakang secara mekanis melalui batang penghubung dan kabel kabel. Juga untuk parkir kendaraan pada jalan turun / mendaki.

Tuas rem tangan

kembali

  1. Rem Cakram/Rem Piringan untuk memberi gaya pengereman kepada roda roda depan.
  1. Rem Tromol memberikan tenaga pada roda roda belakang baik secara hidrolis maupun mekanis.