Pengerindaan Alat Potong

Pendahuluan

Salah satu bentuk kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta pelatihan pada program keahlian teknik permesinan yaitu penguasaan penggerindaan alat potong. Perlu diketahui bahwa alat potong yang dipergunakan dalam kerja mesin itu banyak ragamnya, misalnya pahat bubut, mata bor, dan pisau frais.

Alat potong yang sudah dipakai beberapa kali sejak dari baru tentunya mengalami keausan yang pada akhirnya menjadi tumpul, sehingga perlu untuk ditajamkan lagi. Kegiatan penajaman/ pengasahan alat potong disebut penggerindaan alat potong. Karena alat potong yang akan digerinda itu banyak ragamnya, maka dalam penggerindaan alat potong ini perlu disebutkan nama alat potong yang akan digerinda. Hal ini perlu diketahui agar tidak salah persepsi dari pelatihan yang akan dipelajari oleh peserta pelatihan. Pelatihan pengerindaan alat potong kali ini yaitu penggerindaan pisau frais profil.

gambar

Demikian informasi awal yang perlu diketahui oleh peserta pelatihan agar lebih mengetahui alat potong apa yang akan digerinda/diasah.


BPM Semarang © 2008