PEMILIHAN ALAT DAN RODA GERINDA

 

Pemilihan alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai merupakan sub kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa yang mengambil program keahlian teknik permesinan. Penguasaan kompetensi ini hendaknya dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan secara terus menerus. Pengetahuan tentang alat dan peralatan , banyaknya bentuk dan jenis roda gerinda dan perlengkapan yang digunakan merupakan modal dasar untuk memiliki ketrampilan dalam bidang penggerindaan.

Bidang penggerindaan sampai dengan saat ini sudah sangat maju terutama penggerindaan poros dan tabung /silinder. Banyak komponen dengan kepresisian tinggi dihasilkan dari proses penggerindaan Contoh hasil penggerindaan adalah akuataor, mesin-mesin hidrolis , dan alat-alat pneumatic . Hampir semua alat-alat berat dilengkapi dengan produk yang dihasilkan dari proses penggerindaan terutama komponen-komponen fitalnya. Dengan demikian betapa pentingnya bidang penggerindaan ini untuk memenuhi peralatan diabad modern untuk membantu kemudahan manusia.

Dengan informasi awal yang perlu diketahui oleh siswa program keahlian teknik permesinan agar sudah memiliki gambaran tentang pemilihan alat dan roda gerinda pemotong dan perlengkapan yang sesuai.

 

gerindaGerinda

logo
BPM Semarang © 2008