Nilai-Nilai Global yang Disalurkan Melalui Internet


  1. Pengertian Globalisasi
  2. Globalisasi adalah suatu proses tatanan yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Pada hakekatnya, globalisasi adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan oleh seseorang atau sekelompok orang di sebuah wilayah, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain. Setelah gagasan ini diterima, maka akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Sebagai sebuah proses yang mendunia, globalisasi membawa nilai-nilai global yang diikuti oleh semua orang di setiap bangsa.

    Nilai-nilai global tersebut berupa:

    1. Modernisasi
    2. Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut:

      1. Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
      2. Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi Suatu Pengantar).

      Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut.

      1. Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
      2. Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.

      Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut.

      1. Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
      2. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
      3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
      4. Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
      5. Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan.
      6. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial

    3. Hak Asasi Manusia (HAM)
    4. Hak asasi manusia adalah prinsip-prinsip moral yang menggambarkan standar tertentu dari perilaku manusia, baik dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak hukum dalam hukum kota dan international. HAM umumnya dipahami sebagai hal yang mutlak , sebagai hak-hak dasar seseorang secara inhern berhak karena dalam HAM manusia terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal usul etnis atau status lainnya

    5. Toleransi
    6. Dalam bahasa Inggris “tolerance” yang berarti sikap membiarkan, mengakui dan menghormati keyakinan orang lain tanpa memerlukan persetujuan. Sedangkan dalam bahasa Arab istilah ini merujuk kepada kata “tasamuh” yaitu saling mengizinkan atau saling memudahkan.

      Kamus Umum Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa toleransi berarti kelapangdadaan, dalam artian suka kepada siapa pun, membiarkan orang berpendapat atau berpendirian lain, tak mau mengganggu kebebasan berpikir dan berkeyakinan orang lain. Sedangkan dalam pandangan para ahli, toleransi mempunyai beragam pengertian. Secara sederhana, toleransi atau sikap toleran diartikan oleh Djohan Efendi sebagai sikap menghargai terhadap kemajemukan. Dengan kata lain sikap ini bukan saja untuk mengakui eksistensi dan hak-hak orang lain, bahkan lebih dari itu, terlibat dalam usaha mengetahui dan memahami adanya kemajemukan.

      Dari pengertian di atas toleransi dalam konteks ini berarti kesadaran untuk hidup berdampingan dan bekerjasama antar pemeluk agama yang berbedabeda.Sebab hakikat toleransi terhadap agama-agama lain merupakan satu prasyarat utama bagi setiap individu yang ingin kehidupan damai dan tenteram, maka dengan begitu akan terwujud interaksi dan kesefahaman yang baik di kalangan masyarakat beragama.

    7. Demokrasi
    8. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang setiap warga negaranya memiliki hak yang setara dalam pengambilan keputusan yang menentukan hidup mereka. Demorasi juga dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang dipegang oleh rakyat atau rakyatlah yang mempunyai kedaulatan tertinggi. Demokrasi mengizinkan warga negaranya untuk berpartisipasi baik secara langsung maupun dengan perwakilan dalam perumusan, pengembangan dan juga pembuatan hukum.

      Berikut ini beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli:

      1. Pengertian demokrasi menurut Abraham Linclon adalah sistem pemerintahan yang dibuat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
      2. Pengertian demokrasi menurut Charles Costello adalah sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum serta kebiasaan untuk melindungi setiap hak perorangan warga negara.
      3. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan yang dilakukan oleh rakyat dan untuk rakyat. Adapun yang melakukan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang sudah terpilih. Rakyat sendiri sudah yakin, bahwa segala kepentingannya akan diperhatikan di dalam aturan yang dibuat oleh wakil-wakil rakyatnya dalam pelaksanaan kekuasaan negara.

  3. Proses Penyaluran Nilai-Nilai Global Melalui Internet
  4. Nilai-nilai global tersebut disalurkan melalui internet dengan cara:

    1. Menyaksikan berita online

      Berita adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi. Berita dapat disaksikan dalam bentuk media cetak, internet, maupun dari mulutke mulut. Berita online adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi melalui internet. Cohtoh berita online adalah, detiknews, okezone, merdeka net. Kompas.com dan sebagainya.

      Berita Online

    2. Online Shop
    3. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau hp saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah, contoh online shop adalah, bukalapak, OLX, tokobagus, traveloka, rumah.com dan lain sebagainya

      Online Shop

    4. Komunikasi online
    5. Komunikasi online adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Contoh komunikasi online adalah facebook, whatsapp, line, BBM, twitter dan lain sebagainya

      Komunikasi Online

  5. Manfaat Internet di Era Globalisasi
  6. Manfaat internet semakin dirasakan bagi para pemakainya sehingga manusia hampir tidak bisa lepas dari dunia internet, karena intenet memenuhi kebutuhan manusia dalam memperoleh informasi misalnya internet marketing, internet banking maupun narablog. Dewasa ini toko-toko online semakin mempunyai tempat dimata para komsumen yang sedang mencari barang tertentu. Secara rinci manfaat internet dijabarkan sebagai berikut :

    1. Menambah Wawasan
    2. Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, beragam kebutuhan akan lebih cepat ditemukan. Hanya dengan mengetik beberapa kata, informasi yang kita inginkan sudah bisa didapatkan. Misalnya kita menyukai olahraga sepakbola, maka semua informasi mengenai sepakbola di internet akan kita dapat, sehingga internet sangat menambah wawasan penggunanya. Dan ini tentunya sesuai dengan pengertian internet yang sudah dijelaskan diatas.

    3. Lebih Efisien
    4. Dengan internet kita tidak perlu membeli koran untuk mencari berita, tidak perlu berlama-lama menunggu informasi dari televisi. Dengan internet, kita bisa langsung mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah, satu bukti bahwa internet bukan hanya media yang mudah, murah, tetapi juga sangat efisien.

    5. Memudahkan Komunikasi
    6. Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui sosial media yang bagus, seperti Google.

    7. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
    8. Dapat berbahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih jika berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai lebih-lebih bagi yang ingin bepergian atau bekerja di luar negeri. Di internet pun banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain kita dapat belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya, melalui internet kita dapat menerjemahkan kata atau kalimat melalui Google Translate.

    9. Mendorong Kemandirian
    10. Biasanya orang yang sudah fasih dan terbiasa menggunakan internet akan cenderung lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan. Karena mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, maka mereka akan menjawab rasa penasarannya dengan mencarinya di internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa berinsiatif mencari informasi di internet.

    11. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
    12. Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.

    13. Sarana Hiburan
    14. Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa. Di internet, kita bisa mendapatkan hiburan sesuai yang apa yang kita inginkan, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.

    15. Memudahkan Pekerjaan
    16. Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika siswa mendapatkan tugas dari guru untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan teknis pengumpulannya dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email atau melalui aplikasi seperti quiper.

    17. Menjalankan Bisnis
    18. Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Bisnis online kini tengah populer dan banyak orang yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Salah satu kelebihan bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, sehingga sangat hemat tenaga, sedangkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.

    19. Untuk Berbelanja
    20. Jika kita sedang malas untuk keluar rumah atau mempunyai waktu yang sempit, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja, belanja online adalah pilihan yang tepat. Meskipun begitu kita harus berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas. Berbelanja online sangat mudah, caranya kita hanya perlu memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai ke rumah . Namun memang untuk berbelanja secara online kita harus cerdas dalam memilih toko online yang terpercaya.