Konflik Antar Suku Bangsa Dalam Masyarakat Multikultural

PENGANTAR

Konflik antara suku bangsa di Indonesia sudah sering sekali terjadi. Tak jarang pun konflik yang berlangsung langsung tersebut menyebabkan terjadinya pertumpahan darah/perkelahian pada pihak-pihak yang terkait. Meski pun seringkali sumber penyebab pro dan kontra tersebut adalah hal yang tidak terlalu penting sekali.
Fanatisme kesukuan yang tinggi membuat permasalahan yang tidak terlalu penting tersebut berubah menjadi masalah yang sangat serius. Rasa gotong royong / solidaritas sangat kecil dan pola pemikiran yang sangat dangkal membuat merka tidak berpikir panjang dalam menyikapi permasalahan yang timbul tersebut. Oleh karena itu, proses penyelesaian masalah pun kadangkala dilakukan dengan cara kekerasan tanpa mendepankan dialog dari pihak bertikai.
Konflik antar suku bangsa di Indonesia buka menjadi sebuah wacana baru. Permasalahan antara suku di Indonesia ini bermulah sejak masa kelam di era penjajahan Belanda. Hal ini disebabkan oleh keadaan bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai macam suku bangsa. Tiap-tiap suku memiliki tata budaya yang berbeda satu sama lain.
Secara garis besar, ada beberapa hal yang sering menjadi penyebab terjadinya konflik antar suku bangsa di Indonesia. Beberapa penyebab tersebut antara lain;

KOMPETENSI

    • Siswa dapat mengidentifikasi sebab-sebab konflik
    • Siswa dapat mengidentifikasi akibat konflik
    • Siswa dapat menjelaskan contoh konflik antar suku bangsa