Dampak Iptek Terhadap Perubahan Tata Nilai dalam Masyarakat

PENGANTAR

Perkembangan iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengambil alih tenaga manusia secara cepat dan massif.

Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

Bagi masyarakat sekarang, Iptek sudah menjadi kebutuhan yang sangat urgen. Pengembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini oleh sebagian orang akan memberikan kenyamanan, kebahagiaan dan kesejahteraan. Sumbangan Iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia memang tidak dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa Iptek dapat mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

KOMPETENSI

  • Siswa dapat mengidentifikasi perubahan tata nilai pada diri individu
  • Siswa dapat mengidentifikasi perubahan tata nilai dalam keluarga
  • Siswa dapat mengidentifikasi perubahan tata nilai dalam masyarakat