Struktur dan Kaidah Teks Negosiasi Wawancara Kerja

Pengantar

       Negosiasi diperlukan dalam kehidupan manusia karena sifatnya yang begitu erat dengan filosofi kehidupan mereka. Hal mendasar yang perlu diingat dalam bernegosiasi adalah "semua pihak/orang yang terlibat negosiasi ingin menang". Filosofi inilah yang mendasari pentingnya mempertimbangkan setiap aspek negosiasi dari sudut pandang dari orang lain maupun sudut pandang negosiator.

       Salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dipahami sebagai bekal peserta didik unruk terjun di masyarakat selama ini adalah wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan salah satu tahap yang harus dilewati oleh pelamar kerja. Wawancara kerja merupakan salah satu tahap yang harus dilewati oleh pelamar kerja yang ingin bekerja di sebuah perusahaan. Hal ini merupakan salah satu faktor utama diterima atau tidaknya pelamar di perusahaan tempat melamar bekerja. berbekal ke-terampilan ini peserta didik dapat mengembangkan pengalaman seni bernegosiasi terutama wawancara kerja.

       Sukses wawancara kerja sangat bergantung pada langkah yang dilakukan pelamar sebelum tes wawancara kerja. Langkah-langkah tersebut meliputi materi , persiapan mental, dan penanaman keyakinan bahwa "berjuang keras itu wajib, namun masalah hasil menjadi ketentuan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kompetensi

  1. Siswa dapat menentukan struktur teks negosiasi wawancara kerja
  2. Siswa dapat menunjukkan kaidah teks negosiasi wawancara kerja