Memparafrase Puisi

PENGANTAR

Membaca puisi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan berguna. Dengan sering membaca puisi, perasaan kita bisa menjadi lebih peka terhadap berbagai fenomena. Terhadap penderitaan orang lain, perasaan kita akan lebih mudah tersentuh sehingga dengan ringan hati mau memberikan bantuan. Terhadap usaha dan prestasi orang lain, kita akan dengan ringan hati pula memberikan apresiasi.

Melalui membaca puisi, kita juga dapat belajar memahami pikiran orang lain sehingga terasahlah kemampuan berpikir kita dalam memahami sesuatu. Terhadap perbedaan pemikiran, kita akan lebih mudah menerimanya dan tidak menganggapnya sebagai keburukan atau kesalahan. Paakhirnya, kepekaan rasa dan ketajaman pemikiran akan menjadikan kita tidak mudah berkonflik dengan orang lain.

Akan tetapi, manfaat tersebut tidak dapat kita peroleh jika kita hanya membaca huruf-huruf yang ada dalam puisi. Manfaat itu hanya dapat kita peroleh jika kita mampu memahami isi puisi. Akan tetapi, hal tersebut sering kali tidak mudah. Parafrase merupakan cara yang dapat membantu pembaca memahami isi puisi. Nah, apakah yang dimaksud denganparafrase, apa saja modelnya, dan bagaimana pembuatannya akan kita pelajari dalam katalog media ini. Selamat belajar!

KOMPETENSI

  1. Peserta didik mampu memahami isi puisi
  2. Peserta didik mampu memarafrase puisi bentuk terikat
  3. Peserta didik mampu memarafrase puisi bentuk bebas