Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

  1. Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak
    Dalam pasar persaingan sempurna, pembelian seorang konsumen sangat kecil apabila dibandingkan dengan jumlah pembelian secara keseluruhan di pasar, sehingga jika pembeli menambah atau mengurangi jumlah pembelian maka keseimbangan pasar tidak berpengaruh.Karena kuantitas pembeliannya sangat kecil, ia tidak dapat membeli dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar dan juga tidak akan membeli dengan harga tinggi diatas harga pasar. Bagi pembeli, harga pasar harus diikuti dan pembeli hanya bertindak sebagai pengikut harga atau price taker . Pembeli hanya menetukan jumlah barang yang akan dibelinya. Bagi penjual, jumlah penjual dalam pasar persaingan sempurna sangat banyak, jumlah barang yang dijual sedikit dibandingkan dengan jumlah barang secara keseluruhan . Penambahan dan pengurangan barang dagangan tidak akan mempengaruhi harga. Penjual harus mengikuti harga pasar, penjual hanya menetukan kuantitas barang yang akan dijual
  2. Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen
    Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen artinya satu jenis barang merupakan barang pengganti (substitusi) untuk barang dari penjual lain. Dalam hal ini konsumen menganggap bahwa barang yang dijual sama mutunya, sehingga konsumen tidak dapat membedakan antara barang yang satu dengan barang yang lain.
  3. Faktor produksi bebas bergerak.
    Faktor produksi , seperti bahan baku ataupun tenaga modal bebas bergerak, bebas berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain yang lebih menguntungkan. Tidak ada yang menghalangi, baik kendala peraturan maupun kendalateknik.
  4. Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan
    Harga barang dan jasa benar-benar terjadi sebagai akibat interakasi antara permintaan dan penawaran di pasar.
  5. Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar
    Lengkapnya informasi pasar sangat penting agar persaingan benarbenar sempurna. Bagi pembeli informasi yang diperlukan diantaranya tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahannya, kuantitas dan kualitas barang, serta dimana bias memperoleh barang yang dibutuhkan. Sedangkan bagi produsen atau penjual, kelengkapan informasi mencakup perubahan harga, penemuansumber bahan mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.
  6. Produsen bebas keluar masuk pasar
    Ada kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar. Perusahaan yang mampu memproduksi barang dapat masuk secara bebas ke dalam industry , tidak ada yang dapat menahannya. Setiap perusahaan juga bebas keluar dari pasar jika diinginkan.Dalam pasar persaingan sempurna tidak ada batasan yang bersifat alamiah maupun buatan yang menghalangi masuk dan keluarnya produsen baru. Contoh batasan buatan yaitu adanya peraturan pemerintah atau kesepakatan produsen lama untuk melarang masuknya pemain baru dalam pasar, sedangkan batasan alamiah terkait dengan efisiensi usaha.

CONTOH KASUS PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

KASUS I

Perusahaan beras

Sesuai karasteristiknya pasar persaingan sempurna , jumlah pembeli dan penjual beras sangat banyak sekali karena beras merupakan kebutuhan pokok di Indonesia. Setiap pembeli dan penjual tidak memiliki kekuatan untuk mempengauri harga.Mereka merupakan pengikut harga (price takers). Setiap pembeli dan penjual juga memiliki informasi yang lengkap dan sama tentang produk yang diperjualbelikan, dan beras merupakan produk yang homogen.

Perusahaan beras yang memproduksi beras hanyalah satu diantara sekian banyak produsen beras. Kontribusi perusahaan yang satu terhadap produksi beras secara keseluruhan hanyalah merupakan bagian kecil dari jumlah produksi yang sangat besar. Artinya berapa pun jumlah beras yang dapat diproduksi perusahaan, harga keseimbangan beras dipasar tidak akan berubah. Oleh karena itu, bila digambarkan dalam bentuk kurva akan terlihat bahwa kurva permintaan beras untuk tiap perusahaan penghasil beras berbentuk garis lurus mendatar atau garis horizontal. Sedangkan untuk industry secara keseluruhan, kurva permintaan terhadapberas tetap merupakan suatu garis miring dari kanan atas ke kiri bawah (berlereng negatif)

Gambar Kurva Permintaan dan Penawaran Pada Pasar Persaingan Sempurna

  • Kurva (a) adalah kurva permintaan dan penawaran untuk industry beras keseluruhan. Harga keseimbangan tercipta pada perpotongan kurva permintaan dan kurva penawaran. Jika salah satu penjual menaikkan harga, maka tidak akan ada seorang pun yang mau membeli dari perusahaan yang tetap menggunakan harga keseimbangan.
  • Kurva (b) berapapun kuantitas produksi dari seorang petani, tidak akan dapat mempengaruhi harga yang ada di pasar.

 

KASUS II

APAKAH BURSA SAHAM TERMASUK PASAR PERSAINGAN SEMPURNA ?

Saham adalah surat bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Saham dijual di bursa saham. Dibursa saham, orang-orang bebas menjual dan membeli saham.

Dibawah ini adalah ciri khas dari bursa saham yang sama dengan pasar persaingan sempurna.

  1. Terdapat banyak penjual dan pembeli
  2. Jumlah saham untuk perusahaan yang sama cenderung homogen (sama)
  3. Sangat mudah bagi siapapun untuk masuk atau keluar dari pasar tersebut.

Seseorang bisa saja menjual atau membeli saham dengan menyewa broker. Pertanyaannya apakah bursa saham termasuk pasar persaingan sempurna?

Bursa saham bukan sebuah pasar persaingan sempurna karena :

  1. Harga saham bisa dipengaruhi oleh beberapa investor besar dengan membeli saham dalam jumlah yang sangat besar
  2. Seorang analisis saham, direktur perusahaan, dan investor-investor tertentu biasanya mempunyai akses informasi yang lebih lengkap dan cepat dibanding investor-investor lain, sehingga informasi tidak terdistribusi dengan merata