PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

PENGANTAR

Pasar adalah tempat pembeli dan penjual berinteraksi untuk mengadakan pembelian dan penjualan barang atau jasa.Pada pasar ada barang yang dijual atau diproduksi oleh banyak produsen, ada juga yang hanya diproduksi oleh beberapa produsen atau penjual.Demikian juga dengan pembeli, ada banyak barang atau jasa yang dibeli oleh banyak pembeli, ada pula yang hanya dibeli oleh beberapa pembeli atau seorang pembeli.Dengan mengetahui jumlah pembeli dan jumlah penjual dapat diketahui tingkat persaingan yang terjadi dipasar. Dengan persaingan inilah akan menentukan bentuk-bentuk pasar

Bentuk pasar dipengaruhi oleh struktur pasar.Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaandalam pasar, misalnya jumlah perusahaan dalam pasar, skala prioritas, dan jenis produksi.Struktur pasar dapat dibedakan atas dua indicator yaitu berdasarkan jumlah penjual dan pembeli dan berdasarkan organisasi penyelenggaraan pasar. Struktur pasar yang bersaing adalah struktur pasar dimana perusahaan –perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang di pasar.

KOMPETENSI

  1. Siswa dapat mengidentifikasi Konsep pasar persaingan sempurna
  2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pasar persaingan sempurna
  3. Siswa dapat mengidentifikasi proses terbentuknya harga pada pasar persaingan sempurna
  4. Siswa dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna