Kegunaan Sosiologi Untuk Pemecahan Masalah Sosial


PENGANTAR

Terdapat perbedaan antara ilmu murni (pure science) dengan ilmu terapan (applied science). Ilmu murni bertujuan membentuk dan mengembangkan pengetahuan secara abstrak guna mempertinggi mutu pengetahuan tersebut, sehingga penerapannya bukan merupakan perhatian utama. Sedangkan ilmu terapan bertujuan untuk mencari cara-cara mempergunakan pengetahuan ilmiah guna memecahkan masalah-masalah praktis.

Sosiologi ilmu murni sekaligus ilmu terapan.Sebagai ilmu murni sekaligus ilmu terapan, tujuan sosiologi adalah melakukan pencarian untuk mendapatkan pengetahuan sedalam-dalamnya tentang masyarakat dan mencari cara-cara untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat tersebut. Kegunaan sosiologi bagi masyarakat meliputi untuk perencanaan sosial, penelitian sosial, pembangunan, dan pemecahan masalah sosial.

Membahas kegunaan sosiologi untuk pemecahan masalah sosial akan berkaitan dengan pengertian masalah sosial, jenis-jenis masalah sosial, dan berbagai faktor penyebab timbulnya masalah sosial. Dan yang terpenting adalah bagaimana peran atau kegunaan sosiologi dalam ikut memecahkan masalahmasalah tersebut.

Sumber Youtube-Gotong Royong.

KOMPETENSI

  1. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian dan jenis masalah sosial.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi penyebab timbulnya masalah sosial.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan sosiologi untuk pemecahan masalah sosial.