Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai contoh-contoh gerak vertikal, bahkan dapat dipraktikkan dengan mudah. Ambil sebuah bola, kemudian bola itu dilemparkan vertikal ke atas. Selama bergerak vertikal ke atas, bola mengalami perlambatan secara beraturan. Pada titik tertinggi, besar kecepatannya nol. Pada saat bola kembali jatuh ke tanah, besar kecepatannya bertambah secara beraturan. Selama bergerak vertikal ke atas atau ke bawah, bola menempuh lintasan berupa garis lurus. Bola mengalami percepatan gravitasi yang besarnya tetap dan mengarah ke pusat bumi.
Berdasarkan karakteristik tersebut gerak vertikal termasuk gerak lurus berubah beraturan (GLBB), sehingga persoalan tentang gerak vertikal dianalisis dengan menerapkan persamaan GLBB, yaitu:
dengan menerapkan syarat batas pada jenis geraknya.

Gerak vertikal dapat didefinisikan sebagai gerak benda menempuh lintasan lurus arah vertikal, di mana selama geraknya benda mengalami percepatan konstan yaitu percepatan gravitasi yang arahnya ke pusat bumi. Gerak vertikal dapat dikelompokkan menjadi gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas dan gerak vertikal ke bawah. Gerak jatuh bebas (free fall motion) adalah gerak suatu benda dijatuhkan dari suatu ketinggian tanpa kecepatan awal (vo = 0)dan selama geraknya mengalami percepatan tetap, yaitu percepatan gravitasi g, sehingga gerak jatuh bebas termasuk dalam gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Gerak vertikal ke atas (upward vertical motion) adalah gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke atas dengan kecepatan awal tertentu (vo ≠ 0). Benda pada setiap kedudukannya selalu mengalami percepatan tetap yaitu percepatan gravitasi yang selalu berarah ke bawah. Mula-mula benda bergerak ke atas sampai mencapai titik tertinggi (GLBB diperlambat). Di titik tertinggi ini benda berhenti sesaat (kecepatan di titik tertinggi nol), kemudian benda berbalik ke bawah (GLBB dipercepat).

Gerak vertikal ke bawah (downward vertical motion) adalah gerak suatu benda yang dilempar tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal tertentu (vo ≠ 0). Dalam keseluruhan geraknya, benda selalu mengalami percepatan tetap yang sama dengan percepatan gravitasi.


Kompetensi

  1. Siswa dapat mengidentifikasi gerak jatuh bebas dan contohnya
  2. Siswa dapat mengidentifikasi gerak vertikal ke atas dan contohnya
  3. Siswa dapat mengidentifikasi gerak vertikal ke bawah dan contohnya
  4. Siswa dapat menyelesaikan soal-soal tentang gerak vertikal