Virtual Laboratorium

" Bidang Miring "
(2021)

oleh : Dwi Muh Fajar Basuki, M.Pd.
  • Platform : Unity
  • Format : Offline
  • Ukuran : 100
  • di Lihat : 4664
  • di download : 929

Sinopsis :

Program ini digunakan sebagai alat bantu pembelajaran materi Dinamika Gerak pada Bidang Miring dengan model Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual. Artinya, gambaran kehidupan nyata dapat diintegrasikan dengan objek virtual seperti gambar, suara, lokasi, maupun video. Pembahasan bidang miring meliputi bidang miring licin sehingga benda bertranslasi, dan bidang miring kasar sehingga ada beberapa kemungkinan antara lain benda diam/rehat, benda bertranslasi dan benda mengalami rolling (menggelinding). Program ini terdiri dari Materi, Soal Evaluasi, dan bahan penyerta berupa LKPD dan Marker. Program ini dapat dijalankan dengan handphone sehingga dapat diakses peserta didik dengan mudah, murah dan praktis. Dengan teknologi AR diharapkan pembelajaran model inkuiri dapat berlangsung, yaitu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas peserta didik yang lebih aktif mencari dan menemukan sendiri sesuatu konsep, sehingga pembelajaran berpusat pada peserta didik (stundent centered). Bahan ajar yang dikemas dengan AR memfasilitasi peserta didik mendapatkan visual yang konkrit dari konsep-konsep yang abstrak sehingga kesalahan pemahaman terhadap suatu konsep (miskonsepsi) tidak terjadi. Pembelajaran berbantuan AR dapat menstimulasi dan meningkatkan keterampilan abad 21, khususnya pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Setelah menggunakan program ini diharapkan tujuan pembelajaran tercapai, penguasaan konsep peserta didik tentang dinamika gerak pada bidang miring meningkat signifikan