Virtual Laboratorium

" Gelombang Mekanik "
(2020)

oleh : Dwi Muh Fajar Basuki, M.Pd.
  • Platform : Unity
  • Format : Offline
  • Ukuran : 41 MB
  • di Lihat : 1303
  • di download : 162

Sinopsis :

Program ini digunakan sebagai alat bantu pembelajaran materi gelombang dengan model Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual. Artinya, gambaran kehidupan nyata dapat diintegrasikan dengan objek virtual seperti gambar, suara, lokasi, maupun video. Pembahasan gelombang dibatasi pada gelombang mekanik, terdiri dari gelombang transversal, gelombang longitudinal, gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Program ini terdiri dari Materi, Soal Evaluasi, dan bahan penyerta berupa LKPD dan Marker. Program ini dapat dijalankan dengansehingga dapat diakses peserta didik dengan mudah dan praktis. Dengan teknologi AR diharapkan pembelajaran model inkuiri dapat berlangsung, yaitu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas peserta didik sehingga peserta didik lebih aktif mencari dan menemukan sendiri sesuatu konsep. Pembelajaran menjadi berpusat pada peserta didik dan mengarah pada kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan keterampilan abad 21. Setelah menggunakan program ini diharapkan tujuan pembelajaran tercapai, penguasaan konsep peserta didik tentang gelombang meningkat signifikan.

Virtual Laboratorium

" Gelombang Mekanik "
(2020)

oleh : Dwi Muh Fajar Basuki, M.Pd.
  • Platform : Unity
  • Format : Offline
  • Ukuran : 41 MB
  • di Lihat : 1304
  • di download : 162

Sinopsis :

Program ini digunakan sebagai alat bantu pembelajaran materi gelombang dengan model Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual. Artinya, gambaran kehidupan nyata dapat diintegrasikan dengan objek virtual seperti gambar, suara, lokasi, maupun video. Pembahasan gelombang dibatasi pada gelombang mekanik, terdiri dari gelombang transversal, gelombang longitudinal, gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Program ini terdiri dari Materi, Soal Evaluasi, dan bahan penyerta berupa LKPD dan Marker. Program ini dapat dijalankan dengansehingga dapat diakses peserta didik dengan mudah dan praktis. Dengan teknologi AR diharapkan pembelajaran model inkuiri dapat berlangsung, yaitu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas peserta didik sehingga peserta didik lebih aktif mencari dan menemukan sendiri sesuatu konsep. Pembelajaran menjadi berpusat pada peserta didik dan mengarah pada kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan keterampilan abad 21. Setelah menggunakan program ini diharapkan tujuan pembelajaran tercapai, penguasaan konsep peserta didik tentang gelombang meningkat signifikan.