Membuat Aplikasi Mobile Edukasi

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, BPMPK menyelenggarakan fungsi sebagai berikut.

  1. Pengkajian model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,

  2. Perancangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 

  3. Pembuatan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 

  4. Pendayagunaan sarana dan peralatan multimedia, 

  5. Fasilitasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, 

  6. Evaluasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan dan 

  7. Pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

Sehubungan dengan tugas dan fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlu mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya pengguna mobile edukasi. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebut dengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME. Konsep utama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi yang dikembangkan oleh komunitas”. 

MAME 2021 merupakan perubahan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Dasar Hukum 

Landasan filosofis dan kebijakan yang dijadikan dasar dalam Pelaksanaan Pengembangan SDM Yang Terampil Dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan TIK untuk Pembelajaran, BPMPK adalah:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4287);

  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);

  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 75, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4406);

  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-Pusat di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional;

  5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 71 tahun 2015 tentang tugas pokok dan fungsi BPMPK

  6. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024;

  7. Rencana Strategis Pusat Data dan Informasi Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2020-2024;

  8. Rencana Strategis (Renstra) BPMPK 2020-2024;

  9. Program kerja BPMPK tahun 2021;

Sasaran 

  1. Sasaran dalam kegiatan ini adalah pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.

  2. Sasaran selanjutnya adalah guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan.

  3. Selain itu juga khalayak umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.

Target yang hendak diraih adalah 100 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan untuk dijadikan bahan ajar guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

Tujuan

  1. Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.

  2. Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.

  3. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.

  4. Membentuk komunitas untuk mengembangkan konten yang memperkaya konten pendidikan di internet.

Tahapan Pelaksanaan

Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi. 

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi yang disebut MAME 2021 dengan 4 kategori, yakni:

  1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya

  2. Kategori Guru bertema Mata Pelajaran

  3. Kategori Umum bertema Virtual, dan

  4. Kategori Umum bertema Game Edukasi.

Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.