REVIEW KARYA LOMBA 2019

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya yang memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran berbasis mobile untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile dalam bentuk kegiatan lomba aplikasi mobile kihajar 2019 untuk empat kategori, yakni kategori pelajar, guru, umum game edukasi dan umum v-lab.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba aplikasi mobile kihajar 2019, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba aplikasi mobile kihajar 2019, tahap penjurian lomba aplikasi mobile kihajar 2019 (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan KiHajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 9 bulan, meliputi kegiatan :

  1. Tahap Sosialisasi / publikasi melalui beberapa cara baik online, offline maupun publikasi media dalam beberapa tahap, maupun roadshow ke sekolah , dimulai dari bulan Februari 2019
  2. Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya di laksanakan pada bulan April - Agustus 2019
  3. Tahap Seleksi dilaksanakan pada bulan Agustus 2019
  4. Tahap Penjurian dilakukan secara pararel untuk masing-masing kategori pada bulan September 2019
  5. Tahap Penyerahan Hadiah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta pada bulan Oktober 2019

Lomba tahun ini ada 1045 pendaftar, akan tetapi yang mengupload karya sebanyak 485 karya terdiri dari , kategori guru 150 karya, kategori pelajar 107 karya, kategori umum game edukasi 182 karya dan kategori umum v-lab 46 karya. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum hinnga pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Kihajar Award di Jakarta

Dari kegiatan penjurian lomba aplikasi mobile kihajar 2019 diperoleh pemenang 1,2,3 untuk masing-masing kategori yaitu kategori pelajar, kategori guru, kategori umum game edukasi dan kategori umum v-lab :

Untuk kategori pelajar pemenangnya adalah :

Juara 1 Hafiz Naufal Rahman, dengan karya berjudul " Si Bowo ", total nilai 221
Download file zip.
Juara 2 Raffael Rajjah Wellas Dwyyana, dengan karya berjudul "Gatot Battle Quiz ", total nilai 204
Download file zip.
Juara 3 Angel Anlee, dengan karya berjudul "Ramayana", total nilai 179
Download file zip.

Untuk kategori guru pemenangnya adalah :

Juara 1 Tevan Adi Satria, dengan karya berjudul " Bima Edisi Bangun Ruang Sisi Datar", total nilai 285
Download file zip.
Juara 2 Paulus Pintarko, dengan karya berjudul "Mobile Pintar Refleksi ", total nilai 260
Download file zip.
Juara 3 Musliyuliadi, dengan karya berjudul "Sains mobile : Kalor & Perubahan Wujud Zat", total nilai 237
Download file zip.

Untuk kategori umum game edukasi pemenangnya adalah :

Juara 1 Ainur Adi Kurniawan, dengan karya berjudul "Mengenal Pembangkit Listrik ", total nilai 239
Download file zip.
Juara 2 Shabrina Caesharah Aulia, dengan karya berjudul "Catch Me", total nilai 237
Download file zip.
Juara 3 Ade Rizky Tri Prasojo, dengan karya berjudul "Sinang Adventure", total nilai 215
Download file zip.

Untuk kategori umum virtual lab pemenangnya adalah :

Juara 1 Nurrohmat Hidayatulloh Akbar, dengan karya berjudul "Bangun Ruang ", total nilai 284
Download file zip.
Juara 2 Fendy Novafianto, M.Pd, dengan karya berjudul "V-Lab Kalor", total nilai 252
Download file zip.
Juara 3 Ali Sabana, S.T, M.Pd., dengan karya berjudul "Mikrometer Sekrup ", total nilai 236
Download file zip.

Untuk karya urutan 4-20 dari semua finalis masing-masing kategori mendapatkan merchandise, serifikat, uang ganti produksi dan diupload di m-edukasi.kemdikbud.go.id.