REVIEW KARYA LOMBA 2018

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya yang memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran berbasis mobile untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile dalam bentuk kegiatan lomba aplikasi mobile kihajar 2018 untuk empat kategori, yakni kategori pelajar, guru, umum game edukasi dan umum v-lab.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba aplikasi mobile kihajar 2018, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba aplikasi mobile kihajar 2018, tahap penjurian lomba aplikasi mobile kihajar 2018 (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan Ki Hajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 9 bulan, meliputi kegiatan :

  1. Tahap Sosialisasi / publikasi melalui beberapa cara baik online, offline maupun publikasi media dalam beberapa tahap, maupun roadshow ke sekolah , dimulai dari bulan Maret 2018
  2. Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya di laksanakan pada bulan April - Agustus 2018
  3. Tahap Seleksi dilaksanakan pada bulan September 2018
  4. Tahap Penjurian dilakukan secara pararel untuk masing-masing kategori pada bulan Oktober 2018
  5. Tahap Penyerahan Hadiah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta pada bulan Oktober 2018

Lomba tahun ini ada 627 pendaftar, akan tetapi yang mengupload karya sebanyak 299 karya terdiri dari , kategori guru 86 karya, kategori pelajar 98 karya, kategori umum game edukasi 88 karya dan kategori umum v-lab 27 karya. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum hinnga pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Kihajar Award di Jakarta

Dari kegiatan penjurian lomba aplikasi mobile kihajar 2018 diperoleh pemenang 1,2,3 untuk masing-masing kategori yaitu kategori pelajar, kategori guru, kategori umum game edukasi dan kategori umum v-lab :

Untuk kategori pelajar pemenangnya adalah :

Juara 1 Fanny Farida, dengan karya berjudul " Bee Story ", total nilai 242
Download file zip.
Juara 2 Rais Ilham Nustara, dengan karya berjudul "Aksara Ku", total nilai 234
Download file zip.
Juara 3 Poundra Verdan, dengan karya berjudul "Lingkar Budaya", total nilai 219
Download file zip.

Untuk kategori guru pemenangnya adalah :

Juara 1 Fendy Novafianto, M.Pd, dengan karya berjudul " Misteri Induksi Magnet", total nilai 249
Download file zip.
Juara 2 Paulus Pintarko, dengan karya berjudul "Mobile Pintar Segitiga", total nilai 240
Download file zip.
Juara 3 Retci Angralia, M.Pd, dengan karya berjudul "Belajar Aksara Incung Kerinci", total nilai 239
Download file zip.

Untuk kategori umum game edukasi pemenangnya adalah :

Juara 1 Nurrohmat Hidayatullah Akbar, dengan karya berjudul "ABC Alfabet", total nilai 267
Download file zip.
Juara 2 Roni Yudha Ertanto, dengan karya berjudul "Melacak Pencuri", total nilai 236
Download file zip.
Juara 3 Saloom R.D, dengan karya berjudul "Tarik Tambang Matematika", total nilai 228
Download file zip.

Untuk kategori umum virtual lab pemenangnya adalah :

Juara 1 Agus Arifin Anwar, dengan karya berjudul "Physic Lab XI ", total nilai 261
Download file zip.
Juara 2 Ahmad Syukri, dengan karya berjudul "Sudut", total nilai 259
Download file zip.
Juara 3 Ali Sabana, S.T, M.Pd., dengan karya berjudul "Neraca Ohous", total nilai 245
Download file zip.

Untuk karya urutan 4-20 dari semua finalis masing-masing kategori mendapatkan merchandise, serifikat, uang ganti produksi dan diupload di m-edukasi.kemdikbud.go.id.