REVIEW KARYA LOMBA 2015
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya yang memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran berbasis mobile untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi 2015 untuk tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.
Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba bahan ajar mobile edukasi 2015, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba bahan ajar mobile edukasi 2015, tahap penjurian lomba bahan ajar mobile edukas (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan Ki Hajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 9 bulan, meliputi kegiatan :
- Tahap Sosialisasi / publikasi melalui beberapa cara baik online, offline maupun publikasi media dalam beberapa tahap, maupun roadshow ke sekolah , dimulai dari bulan Februari 2015
- Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya di laksanakan pada bulan April - September 2015
- Tahap Seleksi dilaksanakan pada bulan September 2015
- Tahap Penjurian dilakukan secara pararel untuk masing-masing kategori pada bulan Oktober 2015
- Tahap Penyerahan Hadiah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Senayan Jakarta pada tanggal November 2015
Lomba diikuti oleh 390 peserta dengan 3 kategori, yaitu kategori umum 119 peserta, kategori guru 109 peserta dan kategori pelajar 162 peserta. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum dan pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Ki Hajar Award di Senayan Jakarta
Dari kegiatan penjurian lomba bahan ajar mobile edukasi diperoleh pemenang 1,2,3 untuk masing-masing kategori yaitu kategori pelajar, kategori guru dan kategori umum :
Untuk kategori pelajar pemenangnya adalah :
Juara 1 | No Peserta P05 , atas nama Ibnu Qoyyim Abdul Karim Alfath, dengan karya berjudul " Laboratorium Warna ", total nilai 64 Download file apk. |
Juara 2 | No Peserta P01 , atas nama Reza Darmawan, dengan karya berjudul "Space", total nilai 63 |
Juara 3 | No Peserta P02 , atas nama Yohanis Ferdinand Kauntung, dengan karya berjudul "Culture Learning", total nilai 62 Download file apk. |
Untuk kategori guru pemenangnya adalah :
Juara 1 | No Peserta G12 , atas nama Imran, dengan karya berjudul " Angry Baddy: Edisi Perkalian Cepat", total nilai 71 Download file apk. |
Juara 2 | No Peserta G08 , atas nama Rosyida Ramadhani, dengan karya berjudul "SiKom V.1.0 (Sistem Komputer Versi 1.0)", total nilai 58 Download file apk. |
Juara 3 | No Peserta G07 , atas nama Saloom RD, dengan karya berjudul "Wajanbolic Wifi", total nilai 56 Download file apk. |
Untuk kategori umum pemenangnya adalah :
Juara 1 | No Peserta U07 , atas nama Tri Yuliana, dengan karya berjudul "Boelang (Boedaya Lampung)", total nilai 62 Download file apk. |
Juara 2 | No Peserta U15 , atas nama Timbul Hari Purnomo, dengan karya berjudul "Jejak Profesor Sharon - Listrik Dinamis", total nilai 61 |
Juara 3 | No Peserta U08 , atas nama Aldi Nurzahputra, dengan karya berjudul "Pendidikan Lingkungan Hidup", total nilai 59 Download file apk. |
Untuk karya urutan 4-35 dari semua finalis masing-masing kategori mendapatkan merchandise, serifikat, uang ganti produksi dan diupload di m-edukasi.kemdikbud.go.id.