Review Lomba Mobile Edukasi 2012

Prototipe program mobile learing merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile learning untuk dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar. Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba bahan ajar mobile learning, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba bahan ajar mobile learning, tahap penjurian lomba bahan ajar mobile learning (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan Ki Hajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 6 bulan.

Pada tahun 2012, sosialisasi lomba bahan ajar mobile edukasi dilakukan di :

  1. Semarang
  2. Bandung
  3. Surabaya
  4. Bengkulu
  5. Palembang
  6. Banjarmasin
  7. Balikpapan
  8. Manado
  9. Mataram
Adapun dari hasil lomba yang sudah dilaksanakan pada tahun 2012, platform yang dikirimkan sangat bervarian mulai dari flashlite, java, android dan lain-lain.

Lomba diikuti oleh 142 peserta dengan 2 kategori, yaitu kategori umum 83 peserta dan kategori pelajar 56 peserta. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum dan pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Ki Hajar Award di Senayan Jakarta

Para pemenang lomba untuk kategori Umum

   
Juara 1 No Peserta 10 , atas nama Yogo Dwi Prasetyo, dengan karya Kimia Asam dan Basa, total nilai 484
Download file apk.
Juara 2 No Peserta 9 , atas nama Putri Nikensasi dkk, dengan karya Pendekar Pintar, total nilai 470
Download file apk.
Juara 3 No Peserta 13 , atas nama Syarif Hidayat, dengan karya Bumi dan Alam Semesta, total nilai 469
Juara Harapan No Peserta 14 , atas nama Nur Rokhman, dengan karya Pencernaan Hewan, total nilai 468
   

Para pemenang lomba untuk kategori Pelajar

   
Juara 1 No Peserta 6 , atas nama Noval Eka Herdinata, dengan karya Math Football, total nilai 472
Juara 2 No Peserta 4 , atas nama Ahmad Basyiruddin, dengan karya Aksara, total nilai 450
Juara 3 No Peserta 2 , atas nama Deasy Amalina Aziziyah, dengan karya Energi, Usaha dan Daya, total nilai 432
Juara Harapan No Peserta 5 , atas nama Kholiq Luqman Maulana, dengan karya 12 Tenses Bahasa Inggris, total nilai 431