REVIEW KARYA LOMBA 2017


Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya yang memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran berbasis mobile untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi 2017 untuk tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba bahan ajar mobile edukasi 2017, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba bahan ajar mobile edukasi 2017, tahap penjurian lomba bahan ajar mobile edukas (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan Ki Hajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 9 bulan, meliputi kegiatan :

  1. Tahap Sosialisasi / publikasi melalui beberapa cara baik online, offline maupun publikasi media dalam beberapa tahap, maupun roadshow ke sekolah , dimulai dari bulan Februari 2017
  2. Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya di laksanakan pada bulan April - Agustus 2017
  3. Tahap Seleksi dilaksanakan pada bulan September 2017
  4. Tahap Penjurian dilakukan secara pararel untuk masing-masing kategori pada bulan Oktober 2017
  5. Tahap Penyerahan Hadiah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Senayan Jakarta pada tanggal November 2017

Lomba tahun ini ada 1490 pendaftar, akan tetapi yang mengupload karya sebanyak 643 terdiri dari kategori umum 256 peserta, kategori guru 176 peserta dan kategori pelajar 211 peserta. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum dan pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Kihajar Award di Senayan Jakarta

Dari kegiatan penjurian lomba bahan ajar mobile edukasi diperoleh pemenang 1,2,3 untuk masing-masing kategori yaitu kategori pelajar, kategori guru dan kategori umum :

Untuk kategori pelajar pemenangnya adalah :

Juara 1 Akhdan Rasiq Gumelar, dengan karya berjudul " JepangIN ", total nilai 61
Download file zip.
Juara 2 Adam Davarel Nostradatito, dengan karya berjudul "Spellis: Spell and Listen English", total nilai 60
Download file zip.
Juara 3 Ilham Raihan Wiguna, dengan karya berjudul "TPQ Mobile", total nilai 59
Download file zip.

Untuk kategori guru pemenangnya adalah :

Juara 1 Agus Arifin Anwar, S.Pd, dengan karya berjudul " Organ Tubuh Manusia", total nilai 63
Download file zip.
Juara 2 Nur Rokhman, M.Pd, dengan karya berjudul "Transformasi", total nilai 60
Download file zip.
Juara 3 Paulus Pintarko, S.Pd.Si, dengan karya berjudul "Mobile Pintar Lingkaran", total nilai 58
Download file zip.

Untuk kategori umum pemenangnya adalah :

Juara 1 Alvin Lutfianda, dengan karya berjudul "Super Budi", total nilai 64
Download file zip.
Juara 2 Nurrohmat Hidayatullah Akbar, dengan karya berjudul "Spider Code", total nilai 60
Download file zip.
Juara 3 Yahya Sahaja, dengan karya berjudul "Math Space", total nilai 58
Download file zip.

Untuk karya urutan 4-30 dari semua finalis masing-masing kategori mendapatkan merchandise, serifikat, uang ganti produksi dan diupload di m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Berdasar dari diskusi panitia dengan pihak pendanaan, dengan pertimbagan banyaknya karya dengan kualitas unggul maka kontributor konten ditambah 40 karya terpilih dari gabungan ke 3 kategori