PENDAFTARAN



Waktu dan Tempat
Pendaftaran dan pengumpulan karya Dilaksanakan pada 1 April 2019 sampai 1 Agustus 2019 secara online.

Rincian Kegiatan

Setelah kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 4 bulan.
Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi lomba di

http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba

Langkah Pendaftaran

  1. Kunjungi website lomba kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
  2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
  3. Peserta mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan
  4. Peserta diwajibkan:
    • Melengkapi biodata
    • Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas dan foto diri)
    • Mengupload karya lomba yang di ajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya
    • Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik ( contoh video bisa dilihat di web resmi lomba)
    • Upload icon ( 200 x 200 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai Smartphone)
    • Peserta memberikan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yang di upload
  5. Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi bisa di perbaharui dan diupload ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran.

 

Persyaratan Peserta :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui websaite, email dan media sosial resmi lomba.
  3. Lomba dibagi menjadi empat kategori yaitu :
    • Kategori Pelajar :
      1. SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
      2. Wajib melampirkan/mengupload surat ijin dari kepala sekolah untuk mengikuti lomba.
      3. Apabila lolos ke grandfinal, peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas sebagai peserta/finalis dari kepala sekolah
      4. Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Grandfinal/Penjurian.
      5. Guru pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.
      6. Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
    • Kategori Guru :
      1. Guru segala jenjang (SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat)
      2. Pamong belajar, tutor keaksaraan,pendidik paud
      3. Wajib melampirkan/mengupload surat ijin yang mencatumkan mata pelajaran yang di ampu, dari atasan langsung untuk mengikuti lomba.
      4. Jika lolos ke grandfinal, peserta masih berstatus guru,pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik paud, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
    • Kategori Umum V-Lab: mahasiswa atau masyarakat umum
    • Kategori Umum Game Edukasi: mahasiswa atau masyarakat umum
  4. Karakteristik Peserta
    • Bersifat perorangan
    • Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak Grandfinal)
  5. Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi finalis lomba berikutnya pada kategori yang sama.
  6. Peserta hanya boleh mengikuti satu katergori lomba.
  7. Peserta yang tidak bersedia mengikuti grandfinal, akan diturunkan sebagai kontributor

 

Persyaratan Karya :

  1. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
  3. Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet.
  4. Karya peserta tidak boleh lebih dari 200mb. Jika karya melebihi ukuran tersebut maka karya tidak bisa di unggah
  5. Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan.
  6. Karya yang dilombakan tidak mengandung unsur komersial
  7. Karya yang dilombakan belum pernah menjadi juara di even lomba yang lain.
  8. Karya yang dilombakan, wajib mencantumkan splashscreen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba, tetapi animasi dan musik boleh di modifikasi dengan durasi maksimal 5 detik.
  9. Tema karya tidak boleh sama persis dengan karya yang sudah dipublish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, dan Pengenalan huruf abjad/hijaiyah. Tema yang sama persis tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi
  10. Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang digunakan. (apabila menggunakan aset dari pihak lain)
  11. Materi :
    • Pelajar

      Berisi tentang sosial budaya ( Misalnya : Menangkal HOAX, Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan sejarah, dan lain-lain)

    • Guru

      Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang di ampu dengan mencantumkan tujuan pembelajaran ( mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat ijin).

    • Umum V-Lab

      Berisi tentang simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan ) dalam bentuk PDF.

    • Umum Game Edukasi

      Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran.
      Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan saat bermain.
      Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung insrruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.

  12. Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan lokal.
  13. Peserta yang masuk grandfinal 10 besar per kategori, menyertakan Source Code atau Re Source saat presentasi di Grandfinal.
  14. Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka Panitia Lomba Aplikasi Mobile Kihajar berhak mendiskualifikasi.

Ketentuan umum

Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan lomba ini adalah sebagai berikut:

  1. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
  2. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya
  3. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  4. BPMPK memiliki hak publikasi dan distribusi atas 120 karya (30 karya per kategori).
  5. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.

 

COUNTDOWN (01-08-2019)

Menu

Even Lomba Lain

Web Tools