Contact Person : ibu Maulina Akhadiyah (diyah) | 081254026564

REVIEW KARYA LOMBA 2016


Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya yang memiliki ketertarikan dan kemampuan untuk membuat media pembelajaran berbasis mobile untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi 2016 untuk tiga kategori, yakni kategori pelajar, guru dan umum.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu tahap sosialisasi/publikasi lomba bahan ajar mobile edukasi 2016, tahap pengumpulan dan seleksi karya lomba bahan ajar mobile edukasi 2016, tahap penjurian lomba bahan ajar mobile edukas (final) dan tahap penyerahan hadiah pada malam penganugrahan Ki Hajar Award. Serangkaian tahapan tersebut dilaksanakan selama 9 bulan, meliputi kegiatan :

  1. Tahap Sosialisasi / publikasi melalui beberapa cara baik online, offline maupun publikasi media dalam beberapa tahap, maupun roadshow ke sekolah , dimulai dari bulan Februari 2016
  2. Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya di laksanakan pada bulan April - September 2016
  3. Tahap Seleksi dilaksanakan pada bulan September 2016
  4. Tahap Penjurian dilakukan secara pararel untuk masing-masing kategori pada bulan Oktober 2016
  5. Tahap Penyerahan Hadiah di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di Senayan Jakarta pada tanggal November 2016

Lomba diikuti oleh 187 peserta dengan 3 kategori, yaitu kategori umum 71 peserta, kategori guru 70 peserta dan kategori pelajar 46 peserta. Peserta lomba berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang mengusung berbagai macam tema mulai dari materi pembelajaran sampai tema umum dengan berbagai jenis format mulai dari tutorial, simulasi, game dan lain-lain. Pemenang lomba dari kategori umum dan pelajar berkesempatan menerima hadiah di malam penganugrahan Ki Hajar Award di Senayan Jakarta

Dari kegiatan penjurian lomba bahan ajar mobile edukasi diperoleh pemenang 1,2,3 untuk masing-masing kategori yaitu kategori pelajar, kategori guru dan kategori umum :

Untuk kategori pelajar pemenangnya adalah :

Juara 1 Muhammad Fani Abdillah, dengan karya berjudul " Mobile Scouting ", total nilai 63
Download file zip.
Juara 2 Arif Budi Santoso, dengan karya berjudul "EduPuzzle Asmaul Husna", total nilai 62
Download file zip.
Juara 3 Khairunnisa, dengan karya berjudul "Are You Smarter than A 5th Grader", total nilai 59
Download file zip.

Untuk kategori guru pemenangnya adalah :

Juara 1 Widyanti Anggita Lestari dengan karya berjudul " Aritmetika Digital", total nilai 59
Download file zip.
Juara 2 Paulus Pintarko, dengan karya berjudul "Media Pintar Sudut", total nilai 57
Download file zip.
Juara 3 Muhandis Landasi, dengan karya berjudul "Media Instalasi Penerangan Listrik", total nilai 56
Download file zip.

Untuk kategori umum pemenangnya adalah :

Juara 1 Firman Hidayah, dengan karya berjudul "UFO Shooter-Bilangan Ganjil & Genap", total nilai 65
Download file zip.
Juara 2 Deasy Amalina Aziziyah, dengan karya berjudul "Fisika Berani", total nilai 62
Download file zip.
Juara 3 Muhammad Alifin Fikri, dengan karya berjudul "Game Motorik Tuna Grahita", total nilai 57
Download file zip.

Untuk karya urutan 4-35 dari semua finalis masing-masing kategori mendapatkan merchandise, serifikat, uang ganti produksi dan diupload di m-edukasi.kemdikbud.go.id.